Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siaga! Ramai Intimidasi Penawaran Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Melalui SMS, Ini Resikonya

 Koreksi Ketentuan Menteri Keuangan mengenai penjaminan pemerintahan untuk aktor usaha jadi konsen pemerintahan sekarang ini. 

Keinginannya, perbankan dapat semakin percaya salurkan credit dan dunia usaha makin tertarik ajukan credit. 

Tambahan credit particular kerja yang ditanggung oleh pemerintahan sejumlah 10 miliar sampai 1 triliun rupiah. 

Bukan hanya warga, Menteri Keuangan Sri Mulyani terima SMS penawaran Aplikasi pinjaman online dengan dana penawaran bervariatif. 

Menkeu menyebutkan penawaran utang melalui SMS sebagai tengkulak 'going to your PDA'. 

Seperti pisau bermata dua, perkembangan tehnologi dapat membantu msyarakat mendapatkan dana cepat, tapi harus tetap berhati-hati membandingkan Fintech legitimate dan ilegal. 

Adapun semenjak tahun 2018 sampai februari 2021,Satuan tugas Siaga Investasi (SWI) sudah tutup 3.107 fintech crediting ilegal. 

Intimidasi yang diterima seorang dari commitment finder Aplikasi pinjaman electronic moving di sosial media dalam sekian hari ini. 

Walau sebenarnya, orang yang memperoleh teror itu tidak mengenali sang penagih hutang dan tidak tahu-menahu masalah hutang piutang yang terjadi. 

Intimidasi yang dilaksanakan penagih hutang dari Aplikasi pinjaman online memanglah bukan hal yang baru.

BACA JUGA 

  • Begini Cara Download Aplikasi Kamera Tembus Pandang di Android 
  • Cara Download Aplikasi Kamera Tembus Pandang di HP Android Terbaru

Menyikapi beberapa hal semacam ini, Ketua Satuan tugas Siaga Investasi (SWI) Tongam L Tobing menghimbau warga yang memerlukan uang lewat Aplikasi pinjaman online untuk menghindar fintech crediting ilegal. 

"(Masyarakat) supaya pinjam cuman dari fintech crediting yang tercatat atau berijin di OJK (Kewenangan Layanan Keuangan)," individualized construction Tongam. 

Dia memperjelas, ada beberapa bahaya jika warga lakukan utang lewat program fintech crediting ilegal. 

"Charge besar sekali, bunga tinggi, periode waktu pendek," katanya. 

Lalu, telah seberapa jauh usaha regulator memberantas SMS pinjol ilegal? 

Baca diskusi dan panduan langkah menghindariinya dari Ketua Satuan tugas Siaga Investasi, Tongam Lumban Tobing. 

Program Aplikasi pinjaman on the web (pinjol) mengonsumsi korban. Belasan nasabah mengadu ke Polda Jawa timur berkaitan intimidasi yang didapatkan sesudah pinjam uang. 

Untuk mereka, intimidasi yang dilaksanakan work region finder (DC) dari pinjol benar-benar menggelisahkan. Bahkan juga dari peristiwa itu, dua nasabah harus terima ganjaran, dihentikan dari kerjanya.Sekitar 15 nasabah itu berawal dari bermacam kota di Jawa Timur. 

Mereka mengadu karena kesamaan nasib. Yaitu, penagihan pinjol yang berbuntut intimidasi. Penagihan itu sarat dengan teror penebaran hutang lewat pesan berantai, telephone, sampai penebaran photo individu lewat pesan WhatsApp.Melissa Sarwah, nasabah asal Tulungagung, misalkan. Pinjol jadi pemicu ia dihentikan dari kerjanya. 

Bahkan juga, namanya terkontaminasi dan membuat malu keluarga. "Saya dikeluarkan dari pekerjaan karena hal tersebut," katanya.Tidak itu saja, kecaman diterimanya. Bahkan juga, tiap dua menit teleponnya berdering. Dalam satu hari, 100 pesan diterimanya dari 40 program yang sudah di-download-nya. 

Walau sebenarnya, program itu baru di-download 4 bulan kemarin. Saat itu, korban yang lain menyalahkan hal sama. Aplikasi pinjaman online dengan waktu penagihan yang cepat membuat beberapa korban harus keduk lubang tutup lubang. 

Diantaranya Novita Hartini. Nasabah yang tinggal di Malang itu harus memikul hutang beberapa puluh juta rupiah dari pinjol. Awalannya, Novita pinjam uang dari 2 program pinjol untuk mengongkosi penyembuhan dianya. "Dua program itu untuk penyembuhan. Tetapi, kok jadi banyak? Sampai 30 program. Saya bingung. Bahkan juga, rumah saya mau tak mau akan dipasarkan," ucapnya beat hari.